Cara Minum Obat yang Baik dan Benar

minum obatMengkonsumsi obat yang diresepkan dokter selalu disertai dengan harapan agar segera meredakan keluhan dan sembuh. Pertanyaan pun sering muncul dikala seseorang telah minum obat namun tak kunjung sembuh, atau keluhannya berkurang hanya pada saat setelah mengkonsumsi obat.
Pada label obat yang diberikan sudah pasti disertai keterangan aturan minum obat tersebut,  namun  sebagian besar orang belum paham tentang maksud sebenarnya dari keterangan tersebut. Kebanyakan orang awam hanya mengetahui bahwa suatu obat diminum satu kali, dua kali, atau tiga kali sehari, baik setelah makan ataupun sebelum makan. Hal ini dimengerti oleh kebanyakan orang bahwa konsumsi suatu obat mengikuti waktu makan. Sudah tentu pemahaman seperti ini tidak tepat, mengingat pola makan tiap orang pasti berbeda, dan jeda waktu diantara waktu makan tidaklah teratur.
Frekuensi minum obat dalam satu waktu berkaitan dengan waktu paruh obat dalam sirkulasi darah. Obat yang masuk sirkulasi darah kadarnya perlahan naik sampai titik maksimal kemudian turun sampai akhirnya habis. Dari kadar maksimal sampai tinggal setengahnya inilah yang disebut waktu paruh. Misalnya obat X 500gr memiliki waktu paruh 8 jam, maka 500 gr obat X akan beredar dalam sirkulasi darah dan perlahan berkurang sampai 250 gr dalam waktu 8 jam. Bila kadar obat sudah dibawah setengahnya, maka efek terapeutiknya semakin berkurang, sehingga konsumsi obat harus diulangi agar kadarnya dalam darah tetap terjaga dalam dosis terapi. Oleh karena itu setiap obat dengan waktu paruh 8 jam wajib dikonsumsi setiap 8 jam. Karena 1 hari terdiri dari 24 jam, maka dalam 1 hari obat terseut dikonsumsi sebanyak 3 kali.
Secara singkat diuraikan sebagai berikut:
– 4×1: diminum setiap 6 jam
– 3×1: diminum setiap 8 jam
– 2×1: diminum setiap 12 jam
– 1×1: diminum setiap 24 jam

Demikian uraian singkat tentang cara minum obat yang baik dan benar, semoga berguna bagi para pembaca.

Sumber gambar: theguardian.com

Incoming search terms:

  • gambar waktunya num obt
  • waktu minun obat teratur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *