Search

Memuat...

Fungsi dan Jenis Gigi Palsu


gigi tiruan lengkap dari akrilikSobat blogger sudah pasti tidak asing dengan gigi palsu. Gigi palsu (protesa gigi, gigi tiruan) merupakan pengganti gigi yang hilang. Secara medis, fungsi dari gigi palsu antara lain: mengembalikan fungsi pengunyahan, mengembalikan fungsi estetika, dan menjaga relasi antara rahang atas dan bawah.
Menjaga fungsi pengunyahan yaitu fungsi dimana gigi palsu dapat digunakan senyaman mungkin dalam melaksanakan proses mengunyah makanan. Dengan kembalinya fungsi mengunyah seperti sedia kala, maka seseorang yang telah kehilangan gigi asli tetap dapat menikmati makanan yang keras, serta tetap menghasilkan hasil kunyah yang lembut sebelum ditelan.

gigi palsuFungsi estetika menyangkut penampilan, terutama pada orang yang kehilangan gigi bagian depan. Selain mengembalikan penampakan gigi, fungsi gigi palsu (depan atas) juga menyangga bibir sehingga akan tampak serasi dengan wajah.

Menjaga relasi rahang atas dan bawah merupakan fungsi gigi palsu yang cukup vital. Kehilangan banyak gigi dalam jangka waktu tertentu membuat hubungan rahang atas dan bawah tidak stabil, mengakibatkan timbulnya masalah pada sendi rahang (temporomandibular) yang berlokasi di depan telinga. Keluhan nyeri pada sendi rahang sangat umum dijumpai pada individu yang kehilangan banyak gigi.

gigi palsu
gigi palsu
Gigi palsu ada beberapa jenis, baik itu material (bahan), maupun metode pemasangannya. Gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang oleh pasien sendiri pada umumnya terbuat dari bahan akrilik, namun ada juga yang menggunakan rangka (frame) dari logam).
Gigi tiruan yang dipasang secara permanen ada dua jenis, yaitu yang bertopang pada gigi lainnya sebagai penyangga, dan yang langsung ditanam ke dalam tulang.




Sumber gambar: altonadentist.com.au, flexi-nylon.com, egydental.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar