Ketahui beberapa penyebab bau mulut

penyebab bau mulut Pernahkah sobat blogger merasa terganggu dengan aroma tidak sedap yang keluar dari mulut lawan bicara? Atau malah sobat blogger merasa lawan bicara kurang nyaman dengan aroma dari mulut sobat blogger?

Penyebab bau mulut ada berbagai macam, namun dapat disederhanakan menurut sumbernya, yaitu sumber internal dan sumber eksternal.

1. Sumber Internal
Sumber internal berhubungan dengan keadaan patologis (adanya penyakit). Penyebab bau mulut karena keadaan ini paling banyak akibat adanya gangren (pembusukan) yang terjadi pada pulpa (saraf dan pembuluh darah) gigi sebagai akibat proses karies yang sudah lanjut. Gas yang dihasilkan dari proses gangren inilah yang beraroma tidak sedap. Sumber internal lainnya yang juga sering ditemukan dalam banyak kasus adalah diabetes. Aroma pada keadaan diabetes ini memiliki ciri khusus berbau keton, dan jelas berbeda dengan bau gas gangren. Infeksi pada saluran napas dan cerna juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap (mis:sinusitis).

2. Sumber Eksternal
penyebab bau mulutSumber eksternal penyebab bau mulut berasal dari materi yang masuk ke tubuh. Paling banyak adalah karena sisa makanan yang tidak dibersihkan dan mengalami pembusukan di dalam rongga mulut. Sisa makanan akan lebih sulit dibersihkan pada bagian-bagian berikut: gigi berlubang, sela gigi, gigi bagian belakang, dan lidah bagian belakang. Makanan yang beraroma tidak sedap atau kombinasi beberapa makanan berbau tajam juga dapat menjadi penyebab bau mulut walaupun tanpa mengalami pembusukan (petai, jengkol, bawang putih, dll.)

Setelah memahami penyebab bau mulut, simak juga: Langkah Tepat Menghilangkan Bau Mulut

Sumber gambar: badd.org dan buzzle.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *